Jumat, 15 Desember 2017

INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

INFEKSI MULUT RAHIM atau Servisitis atau infeksi leher rahim adalah peradangan yang terjadi pada serviks (leher rahim). Serviks adalah bagian paling bawah dari rahim yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Peradangan ini bisa terjadi tanpa ada gejala-gejala yang dirasakan oleh penderitanya. Jaringan pada serviks yang meradang bisa memerah, membengkak, berlendir, bahkan bernanah. Jaringan tersebut juga akan mudah berdarah jika tersentuh. Penyebab tersering servisitis adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, iritasi, ataupun alergi. INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH. 
INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

CALL / SMS / WHATSAPP

WA: 081902960006 / Call: 085200406567

Pin : By Request

Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena servisitis atau INFEKSI MULUT RAHIM adalah:

  • Melakukan hubungan seksual yang tidak aman, termasuk sering bergonta-ganti pasangan dan melakukan hubungan seks tanpa pengaman.
  • Aktif berhubungan seksual sejak muda.
  • Pernah terinfeksi penyakit menular seksual.
  • Memiliki pasangan yang pernah mengidap penyakit menular seksual dan punya kebiasaan sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
  • Orang yang pernah mengidap servisitis juga lebih berisiko mengalaminya kembali.

Penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyebabkan servisitis antara lain:

  1. Gonorrhea
  2. Chlamydia
  3. Herpes Kelamin
  4. Kutil Kelamin
  5. Trichomoniasis
  6. Mycoplasma and ureaplasma

Penyebab servisitis selain faktor di atas:

  • Iritasi atau perlukaan akibat alat-alat seperti diafragma, pessary, tampon
  • Alergi terhadap spermisid yang digunakan untuk KB
  • Alergi terhadap kondom latex
  • Paparan terhadap bahan kimiawi
  • Ketidakseimbangan bakteri yang normal di vagina. Pertumbuhan berlebih bakteri-bakteri yang normal berada di vagina (bakterial vaginosis)
  • Ketidakseimbangan hormon, rendahnya kadar estrogen atau tingginya kadar progesteron dapat mempengaruhi
  • kemampuan untuk menjaga kesehatan jaringan mulut rahim.
  • Kanker ataupun terapi kanker
Jika infeksi merupakan penyebab, infeksi tersebut dapat menyebar ke rahim, saluran telur hingga ke panggul dan rongga perut. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Selain itu jika terjadi pada ibu hamil hal ini dapat pula menyebabkan masalah bagi janin yang dikandung. Pengobatan servisitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat menggunakan antibiotik. Jika disebabkan oleh herpes, maka pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi anti virus. Infeksi jamur perlu diobati dengan antijamur (antifungal). Terapi hormon (estrogen dan progesteron) dapat digunakan pada pasien menopause. Kemoterapi bukanlah suatu metode pengobatan untuk kondisi ini, kemoterapi ditujukan untuk pengobatan pasien yang terdiagnosis keganasan (kanker). INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH
INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

Gejala Servisitis

Gejala adalah sesuatu yang dirasakan dan diceritakan oleh penderita. Mayoritas penderita servisitis tidak merasakan gejala ataupun tanda apa pun. Beberapa gejala umum dari servisitis adalah:
  1. Munculnya cairan vagina dalam jumlah banyak yang biasanya berwarna kehijauan, kecokelatan, atau kekuningan. Cairan tersebut seperti nanah dan kadang berbau tidak sedap.
  2. Frekuensi buang air kecil yang semakin sering.
  3. Rasa nyeri saat berhubungan seksual.
  4. Perdarahan dari vagina setelah berhubungan seksual, yang bukan disebabkan menstruasi.
  5. Rasa nyeri pada bagian panggul atau perut.
Perlu diingat sekali lagi, terkadang servisitis tidak menimbulkan gejala atau tanda apa pun. Jika Anda mengalami beberapa gejala atau tanda di atas, segera hubungi dokter. Terutama bagi yang berisiko menderita klamidia, segera periksa apa Anda juga mengalami servisitis walaupun Anda tidak merasakan gejala apa pun. INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

Diagnosis Servisitis

Diagnosis merupakan langkah dokter untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi yang menjelaskan gejala dan tanda-tanda yang dialami oleh pasien. Beberapa langkah dokter untuk mendiagnosis servisitis adalah:
  • Pemeriksaan bagian panggul. Dokter akan memeriksa adanya pembengkakan dan nyeri di organ-organ pada bagian panggul. Dokter mungkin akan menggunakan spekulum untuk memeriksa bagian atas vagina serta serviks.
  • Pengambilan sampel. Dokter akan mengambil sampel cairan dari serviks dan vagina untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium. Biasanya dilakukan dengan cara pap smear dan kolposkopi yang disertai biopsi serviks.

Pengobatan dan Pencegahan Servisitis

Penderita mungkin tidak memerlukan pengobatan jika penyebab servisitis yang mereka idap bukanlah berasal dari penyakit menular seksual. Jika memang disebabkan penyakit menular seksual, maka penderita dan pasangannya harus menjalani pengobatan. Untuk menghindari penularan, penderita dianjurkan untuk tidak berhubungan seksual sampai pengobatan selesai. Beberapa pengobatan untuk menangani servisitis akibat penyakit menular seksual adalah:
  1. Obat-obatan antibiotik, untuk menangani infeksi bakteri seperti gonorea atau klamidia.
  2. Obat-obatan antiviral, untuk menangani infeksi virus seperti herpes genital atau kutil kelamin.
  3. Obat-obatan antijamur.
  4. Terapi hormonal, mungkin akan dilakukan bagi penderita yang sudah memasuki masa menopause. Dan terbukti infeksinya bukan berasal dari bakteri atau jamur. Dengan terapi hormonal diharapkan sistem kekebalan alami dinding serviks kembali optimal. INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH
INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH
Jika servisitis sudah berlangsung lama dan pengobatan degan menggunakan antibiotik tidak memberikan hasil, tatalaksana pada pasien ini adalah:
  • Cryosurgery (dibekukan)

Penggunaan suhu sangat dingin pada pembedahan untuk menghancurkan jaringan tubuh yang abnormal atau yang terjangkit penyakit.
  • Electrokauterisasi

Sering dilakukan untuk mengangkat jaringan yang rusak, dan juga untuk menutup pembuluh darah.
  • Terapi laser

Terapi laser adalah tindakan medis yang menggunakan gelombang cahaya kuat untuk memotong, membakar atau menghancurkan jaringan tubuh.

PENCEGAHAN INFEKSI MULUT RAHIM

Ada beberapa langkah untuk mencegah servisitis yaitu:
  1. Selalu gunakan kondom dengan benar saat berhubungan seksual.
  2. Hindari produk-produk kewanitaan yang mengandung parfum atau produk kewanitaan pada umumnya, karena bisa menyebabkan iritasi pada vagina maupun serviks.
  3. Tidak berganti-ganti pasangan seksual.
  4. Hindari berhubungan seksual ketika pasangan mengidap penyakit menular seksual.
  5. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk menjaga kadar gula dalam darah.
Apabila sebelumnya Anda sudah melakukan pemeriksaan dengan dokter dan telah diberikan pengobatan yang sesuai. Maka kami menyarankan untuk mengikuti pengobatan dari dokter tersebut. Apabila infeksi pada servisitis dapat teratasi, maka keputihan dapat turut teratasi. Namun apabila keluhan keputihan Anda menetap setelah pengobatan selesai. Maka kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. INFEKSI LEHER RAHIM APA BISA SEMBUH

Tips dan pencegahan penyakit kelamin wanita

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjangkit penyakit kelamin wanita. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga. Menghindari penggunaan sabun wangi dan antiseptik berlebihan saat mencuci vagina. Serta melakukan seks yang aman serta setia terhadap pasangan. Yang perlu diwaspadai, penyakit kelamin wanita tidak selalu menunjukkan gejala-gejala yang jelas. Dan seringkali gejala muncul disaat infeksi sudah tergolong berat. Untuk wanita di atas 21 tahun, terutama jika telah aktif berhubungan seksual. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan serviks atau papsmear secara berkala. INFEKSI MULUT RAHIM APA BISA SEMBUH

Demikian penjelasan kami,semoga bermanfaat dan keluhan Anda lekas teratasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar